Jumat, 30 Agustus 2019

Adamantane - Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Kimia SMA Dan Pembahasannya Pelajaran Kimia SMA

Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Kimia SMA dan Pembahasannya

Hao sesuai semula di site INFORMASI PALING LENGKAP, pada pertemuan ini aku akan menyajikan
"Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Kimia SMA dan Pembahasannya" secara faktual dan aktual, yuk teliti selengkapnya.

Latihan Soal UN Kimia SMA

Artikel kali ini akan menyajikan beberapa bimbingan bab untuk eksamen nasional tahun 2019 tangga SMA dengan alat penglihat pelajaran Kimia. Disertai jua pembahasannya lho. Semoga bermanfaat baiklah dan berjaya untuk eksamen nasional nanti.

---

Bagi awak anak IPA, pastinya pelajaran Kimia jadi salah satu pelajaran yang difavoritkan dong ya? Eits, jangan sedia argumen kalau pelajaran Kimia itu sulit lho Squad. Ketika awak memilih jurusan IPA harusnya telah tahu konsekuensinya dong. MAFIA (matematika, fisika, kimia) jadi alat penglihat pelajaran yang bulat-bulat kudu awak kuasai.

Berhubung minggu depan telah bersetuju pada masa-masa ujian nasional, blog Ruangguru memunculkan bimbingan bab yang bisa awak gunakan untuk memperdalam apresiasi awak khususnya pada alat penglihat pelajaran Kimia. Sudah cukup baiklah basa basinya, mari kita mulai belajarnya.

separator un ilmu pasti sma

1. Topik : Hubungan konfigurasi elektron 

Perhatikan konfigurasi elektron di kaki (gunung) ini!

Y : [Ne]3s23p5

Dari konfigurasi elektron di atas, bisa disimpulkan bahwa unsur Y berada pada....

A. periode 3, bangsa VIIA

B. periode 3, bangsa VIIB

C. periode 3, bangsa VA

D. periode 5, bangsa IIIA

E. periode 5, bangsa IIIB

Jawaban : A

Pembahasan :

Golongan bisa ditentukan dengan melihat elektron valensi satu unsur.

Elektron valensi unsur Y merupakan 3s2 3p5. Elektron valensi unsur Y berjumlah 7 elektron. Karena orbital terakhir merupakan orbital s dan p, maka bisa disimpulkan bahwa unsur Y terletak pada bangsa VIIA.

Periode bisa ditentukan dengan melihat kulit (n) terbanyak pada konfigurasi elektronnya. Unsur Y ada kulit terbanyak n = 3, sehingga terletak pada periode 3.

separator un ilmu pasti sma

2. Topik : Teori Hibridisasi

Perhatikan konfigurasi elektron berikut!

P : 1s2 2s2 2p2

Q : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p5

Jika P dan Q membentuk larutan PQ4, aliran molekulnya adalah....

A. tetrahedron

B. segitiga sama kaki piramida

C. bengkok

D. aliran T

E. segiempat datar

Jawaban : A

Pembahasan:

P : 1s2 2s2 2p2

Q : 1s2 2s2 2p6 3s2 3p5                                            

Senyawa PQ4 ada atom P sebagai atom pusatnya, sehingga atom P kudu menyediakan elektron tidak berpasangan untuk bersendi dengan atom Q.

Hibridisasi larutan PQ4 adalah :

sc reaksi 2

Senyawa PQ4 ada hibridisasi sp3, maka aliran molekulnya merupakan tetrahedral.

separator un ilmu pasti sma

3. Topik : Trayek pH

Perhatikan data percobaan pH dobel buah air sampah berikut!

sc bab 3

Dari produk pengujian maka pH air sampah 1 dan sampah 2 berturut – turut adalah....

A. pH ≤ 8,3 dan pH ≥ 10

B. pH ≤ 4,2 dan pH ≥ 10

C. 4,2 ≤ pH ≤ 8,3 dan pH ≥ 10

D. 4,2 ≤ pH ≤ 6,0 dan 7,6 ≤ pH ≤ 10

E. 4,2 ≤ pH ≤ 8,3 dan pH ≤ 10

Jawaban : D

Pembahasan :

sc reaksi 3

Limbah 1 :

  • Hasil percobaan metil merah membuktikan berbagai-bagai merah, artinya ada pH ≤ 4,2.
  • Hasil percobaan bromtimol biru membuktikan berbagai-bagai kuning, artinya ada pH ≤ 6,0.
  • Hasil percobaan fenolftalein membuktikan tidak berwarna, artinya ada pH ≤ 8,3.

Limbah 2 :

  • Hasil percobaan metil merah membuktikan berbagai-bagai kuning, artinya ada pH ≥ 6,3.
  • Hasil percobaan bromtimol biru membuktikan berbagai-bagai biru, artinya ada pH ≥ 7,6.
  • Hasil percobaan fenolftalein membuktikan merah, artinya ada pH ≥ 10.

Range pH untuk sampah 1 merupakan 4,2 ≤ pH ≤ 6,0.

Range pH untuk sampah 2 merupakan 7,6 ≤ pH ≤ 10,0.

separator un ilmu pasti sma

4. Topik : Titrasi berdasarkan grafik

Perhatikan grafik berikut!

sc bab  4

Untuk melakukan titrasi seperti gambar di atas, digunakan indikator....

A. metil orange

B. metil jingga

C. phenolphtalein

D. bromtimol biru

E. metil merah

Jawaban : C

Pembahasan :

Grafik di atas membuktikan titrasi antara asam awet dan basa kuat. Hal ini ditunjukkan dari grafik yang dimulai pada bilangan sekitar 2 sehingga menujukkan asam awet dan diakhiri pada grafik sekitar pH 14, dimana untuk titrasi asam awet dengan basa awet indikator yang cocok digunakan merupakan indikator phenolphtalein.

separator un ilmu pasti sma

5. Topik : Endapan Ksp

Sebanyak 100ml CaCl2 0.6M dicampur dengan 100ml Na2CO3 0.6M. andaikan Ksp CaCO3 = 2.8 x 10 -9, massa zat yang mengendap adalah.... (Ar. Ca = 40, C = 12, O = 16, Na = 23, Cl = 35.5)

A. 6 gram

B. 9 gram

C. 60 gram

D. 100 gram

E. 120 gram

Jawaban : A

Pembahasan :

Mol CaCl2 = M x V = 0.6M x 100ml = 60mmol

Mol Na2CO3 = M x V = 0.6M x 100ml = 60mmol

                        CaCl2    +    Na2CO3    →    CaCO3     +    2NaCl

sc reaksi 4

Qsp = [Ca2+][CO32-] = 0.3 x 0.3 = 0.09

Qsp > Ksp maka membentuk endapan

Massa zat yang mengendap = mol x Mr = 0.06 mol x 100 = 6 gram

separator un ilmu pasti sma

6. Topik : Larutan elektrolit dan non elektrolit

Perhatikan gambar di kaki (gunung) ini!

sc bab 6

Dari gambar di atas yang tergolong cairan elektrolit awet adalah....

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (4)

C. (2) dan (3)

D. (3) dan (4)

E. (4) dan (5)

Jawaban : A

Pembahasan :

Elektrolit awet bisa dilihat dari alat penerangan yang menyala benar dan memanifestasikan gelembung yang banyak, maka jawabannya merupakan angka (1) dan (2). Gambar angka (3) merupakan cairan non elektrolit karena alat penerangan mati dan tak sedia gelembung. Gambar angka (4) dan (5) melahirkan cairan elektrolit lemah, karena alat penerangan mati melainkan terdapat gelembung.

separator un ilmu pasti sma

7. Topik : Faktor Korosi

Perhatikan pemeriksaan di kaki (gunung) ini!

sc bab 7

Dari pemeriksaan di atas yang memperlambat cara korosi pada pakis rotan adalah....

  1. 1 2                  c. 3                  d. 4                  e. 5

Jawaban : E

Pembahasan :

Korosi merupakan cara teroksidasinya satu metal oleh berbagai zat jadi senyawa.

Korosi bisa disebabkan karena adanya air dan oksigen.

Pencegahan korosi bisa dilakukan dengan beberapa cara adalah :

  1. melapisi metal dengan cat, minyak atau oli, dan metal lain yang ajek korosi misalnya nikel dan perak.
  2. perlindungan katoda, misalnya metal yang dilindungi dari korosi diposisikan sebagai katoda.
  3. membuat alloy atau asimilasi logam, misalnya besi dicampur dengan metal Ni dan Cr jadi baja stainless.

Paku yang tercelup pada minyak akan memperlambat cara korosi, karena ketika pakis rotan dicelupkan ke pada minyak, tak sedia udara yang akan kontak langsung dengan minyak, sehingga akan memperlambat cara korosi pada paku.

Baca Juga: Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika IPA dan Pembahasannya

separator un ilmu pasti sma

8. Topik : Energi ikatan

Diketahui daya disosiasi ikatan:

C – H : 415kJ/mol

C – C : 345kJ/mol

C = C : 611kJ/mol

H – Br : 370kJ/mol

C – Br : 275kJ/mol

sc bab 8

Hitunglah daya ikatan untuk reaksi di atas....

A. −54kJ/mol

B. +54kJ/mol

C. −108kJ/mol

D. +108kJ/mol

E. +162kJ/mol

Jawaban : A

Pembahasan :

∆H       = ∑energi ikatan kidal - ∑energi ikatan kanan

=[ 6(C–H) + (C–C) + (C=C) + (H–Br)] –[7(C–H) + (C–Br) + 2(C–C)]

            = [6(415) + 345 + 611 + 370] – [7(415) + 275 + 2(345)]

            = 3816 – 3870

= −54kJ/mol

separator un ilmu pasti sma

9. Topik : Hukum Faraday

Elektrolisis cairan CuSO4 selama 30 menit dengan arus 10A, akan memanifestasikan deposit metal Cu di katoda sebanyak.... (Ar Cu = 63,5)

A. 0,181 gram

B. 0,373 gram

C. 1,845 gram

D. 5,922 gram

E. 23,689 gram

Jawaban : C

Pembahasan:

Diketahui :      i = 10 A

                        t = 30 menit = 30 x 60 sekon

                        Ar Cu = 63,5

CuSO4    Cu2+ + SO42-  (biloks Cu = +2)

Ditanya : massa Cu

sc reaksi 9

separator un ilmu pasti sma

10. Topik : Fenomena fiil koligatif

Pernyataan yang benar melanda fiil koligatif cairan elektrolit dan nonelektrolit dengan molalitas yang sama adalah....

A. bercak berbuih cairan elektrolit bertambah aib dibanding cairan nonelektrolit

B. bercak beku cairan elektrolit bertambah aib dibanding cairan nonelektrolit

C. bercak berbuih cairan elektrolit sama dengan bercak berbuih cairan nonelektrolit

D. apitan kukus cairan elektrolit bertambah agung dibandingkan cairan nonelektrolit

E. apitan osmosis cairan elektrolit bertambah aib dari cairan nonelektrolit

Jawaban : B

Pembahasan:

Di pada air, zat elektrolit akan terurai jadi ion-ionnya sehingga kuantitas zat terlarutnya akan bertambah banyak dibanding nonelektrolit dengan molalitas yang sama. Hal itu menyebabkan :

  • Titik berbuih cairan elektrolit bertambah agung dibandingkan cairan nonelektrolit.

Adanya zat terlarut akan menghalangi pelarut (air) untuk mendidih pada bercak didihnya, sehingga pada cairan elektrolit diperlukan bercak berbuih yang bertambah agung dari bercak berbuih air.

  • Titik beku cairan elektrolit bertambah aib dibandingkan cairan nonelektrolit.

Adanya zat terlarut akan menghalangi air untuk membeku pada bercak bekunya, sehingga pada cairan elektrolit diperlukan bercak beku yang bertambah aib dari bercak beku air.

  • Tekanan kukus cairan elektrolit bertambah aib daripada cairan nonelektrolit

Semakin banyak zat terlarut, maka semakin banyak partikel yang menghalangi pelarut (air) untuk menguap. Akibatnya, kuantitas molekul yang menguap jadi bertambah sedikit, dan apitan kukus jadi bertambah kecil.

  • Tekanan osmotik cairan elektrolit bertambah agung daripada cairan nonelektrolit

Semakin banyak zat terlarut, maka semakin banyak molekul-molekul air yang bergerak  melalui membran semipermeabel. Akibatnya, apitan osmotik jadi bertambah besar.

separator un ilmu pasti sma

11. Topik : Kespontanan reaksi

Diketahui data potensial pengurangan sebagai berikut:

E0 Ca2+/Ca = - 2.87V

E0 Pb2+/Pb = -0.13V

E0 Mg2+/Mg = -2.37V

E0 Au3+/Au = +1.5 V

Reaksi yang bisa berlangsung adalah....

A. Mg +  Ca2+  →  Mg2+  + Ca

B. Ca +  Mg   →    Ca2+  + Mg2+

C. Pb + Mg2+ →  Pb2+   + Mg

D. Mg +  Pb2+  →  Mg2+   +  Pb

E. Pb2+ + Au3+  →  Pb  +  Au

Jawaban : D

Pembahasan :

Reaksi yang bisa berlangsung (spontan) ditandai dengan potensial reaksi (E0sel) yang bernilai positif (> 0)

Untuk reaksi pada reaksi (b) dan (e) bukan melahirkan reaksi redoks, sehingga tak perlu dihitung.

E0sel = E0red – E0oks

Pada pilihan A : E0sel = (E0 Ca2+/Ca) – (E0 Mg2+/Mg)

E0sel = - 2.87V – (-2.37V) = - 0.5V

Pada pilihan C :  E0sel = (E0 Mg2+/Mg) – (E0 Pb2+/Pb)

E0sel = - 2.37V – (-0.13V) = - 2.24V

Pada pilihan D :  E0sel = (E0 Pb2+/Pb) – (E0 Mg2+/Mg)

E0sel = -0.13V – (-2.37V) = +2.24V

Maka, reaksi yang bisa berlangsung merupakan Mg  +  Pb2+  →  Mg2+   +  Pb

Karena nilai E0sel > 0

separator un ilmu pasti sma

12. Topik : Reaksi hidrokarbon

Perhatikan reaksi hidrokarbon bersama-sama ini!

sc bab 12

Reaksi di atas teperlus macam reaksi....

A. eliminasi

B. substitusi

C. adisi

D. asimilasi

E. pembakaran

Jawaban : C

Pembahasan :

Reaksi antara alkena dengan asam bromida dan memanifestasikan haloalkana melahirkan reaksi adisi.

Ciri – ciri pada reaksi adisi merupakan larutan hidrokarbon yang ada ikatan dua kali (tidak jenuh) berubah jadi hidrokarbon bersendi bulat (jenuh), dengan adanya pembubuhan atom lain.

separator un ilmu pasti sma

13. Topik : Turunan benzena

Perhatikan struktur anak cucu larutan benzena bersama-sama ini!

sc bab 13

Senyawa anak cucu benzena di atas dinamakan....

A. fenol

B. toluena

C. anilina

D. anisol

E. stirena

Jawaban : C

Pembahasan :

Senyawa anak cucu benzena yang bersendi dengan satu substituen, ala IUPAC diberi asma dengan adat : nama substituen + benzena

sc reaksi 13

NH2 melahirkan himpunan amin, maka asma IUPAC larutan ini merupakan : aminobenzena

Nama trivialnya : anilina

Jika benzena bersendi dengan – OH dinamakan hidroksibenzena (fenol).

Jika benzena bersendi dengan – CH3 dinamakan metilbenzena (toluena).

Jika benzena bersendi dengan – OCH3 dinamakan metoksibenzena (anisol).

Jika benzena bersendi dengan CH = CH2 dinamakan vinilbenzena (stirena).

separator un ilmu pasti sma

14. Topik : Uji karbohidrat, protein dan lemak

Suatu zat X andaikan direaksikan dengan pereaksi Fehling terbentuk deposit merah bata. Maka zat X tersebut kebolehjadian mengandung....

A. selulosa

B. sukrosa

C. amilum

D. glikogen

E. fruktosa

Jawaban : E

Pembahasan:

Pereaksi Fehling digunakan untuk mengenali sakaros pereduksi, adalah sakaros yang mengandung himpunan aldehid dan keton bebas. Reaksi positif Fehling akan memanifestasikan deposit merah bata. Semua monosakarida dan disakarida (kecuali sukrosa) melahirkan sakaros pereduksi, sedangkan semua polisakarida bukan sakaros pereduksi.

Maka, fruktosa yang akan bereaksi positif terhadap Fehling kebolehjadian mengandung fruktosa. Dalam reaksi ini, fruktosa  akan mereduksi ion Cu2+ pada Fehling jadi ion Cu+ sehingga dihasilkan deposit merah bata.

Baca Juga: Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Fisika SMA dan Pembahasannya

separator un ilmu pasti sma

15. Topik : Reduktor Oksidator

Perhatikan reaksi redoks berikut!

2Cr   +   3CuSO4     →    Cr2(SO4)3 + 3Cu

Pada reaksi tersebut yang melahirkan reduktor adalah....

A. Cr

B. CuSO4

C. Cu

D. Cr2(SO4)3            

E. Cr dan CuSO4

Jawaban : A

Pembahasan :

Reduktor merupakan satu spesi yang mereduksi zat lainnya, namun spesi itu sendiri mengalami oksidasi.

sc reaksi 15

Pada reaksi di atas, Cr mengalami alterasi biloks dari 0 jadi +3, maka Cr mengalami oksidasi. Jadi, Cr bertindak sebagai reduktor.

separator un ilmu pasti sma

16. Topik : Kimia Dasar

Indikator : Peserta ajar bisa mengenali macam ikatan dari reaksi senyawa 

Suatu unsur kedapatan ada konfigurasi elektron sebagai berikut

      Y : [He] 2s2

      X : [Ne] 3s23p5

Ikatan yang berlaku antara kedua unsur tersebut merupakan ikatan….

A. hidrogen

B. ion

C. kovalen

D. koordinasi

E. ganda

Jawaban : C

Pembahasan :

Umumnya atom dengan elektron valensi 1, 2, dan 3 akan melepaskan elektron terluarnya (membentuk ion positif) untuk mencapai kestabilan oktet. Sehingga ikatan yang terbentuk berupa ikatan ionik. Namun, karena unsur Y ini ada jari - jari yang alit (terlihat dari angka atom alit dan konfigurasi elektron yang singkat), maka macam ikatan yang terbentuk cenderung dengan sharing elektron terluarnya untuk mencapai kestabilan oktet. Struktur lewis dari kedua unsur pada membentuk satu larutan merupakan sebagai bersama-sama :

sc reaksi 16

Senyawa YX2 tersebut terbentuk dari sharing (saling memberi) antara kedua elektron valensi Y dengan elektron dari unsur X. Walaupun tak membanjiri adat oktet, larutan tersebut teperlus ikatan kovalen.

separator un ilmu pasti sma

17. Topik : Kimia Analitik

Indikator : Peserta ajar mengenali daerah penyangga dan daerah hidrolisis  

Perhatikan kurva titrasi dibawah ini! Kurva tersebut merupakan titrasi antara cairan CH3COOH dan cairan KOH.

sc bab 17

Komposisi cairan yang apabila dicampurkan membuktikan alterasi pH pada daerah B adalah….

A. CH3COOH 0,2 mol dan Mg(OH)2 0,1 mol

B. CH3COOH 0,3 mol dan KOH 0,2 mol

C. NH4OH 0,1 mol dan HCl 0,05 mol

D. HCOOH 0,2 mol dan Mg(OH)2 0,04 mol

E. HCl 1 mol dan NaOH 1 mol

Jawaban : B

Pembahasan :

Kurva titrasi di atas teperlus titrasi cairan CH3COOH (asam lemah) dengan cairan KOH (basa kuat). Pada daerah B melahirkan daerah pH sistem penyangga, dimana pHnya cenderung ajek (tidak berubah ala signifikan) ketika pembubuhan sedikit basa sebagai pentiter. Larutan penyangga merupakan campuran antara asam/basa benyai dengan basa/asam awet dimana kuantitas mol asam/basa benyai bertambah besar daripada mol basa / asam kuat. Dalam pemeriksaan ini, maka kuantitas mol asam benyai CH3COOH kudu bertambah besar dari kuantitas mol basa awet KOH.

separator un ilmu pasti sma

18. Topik : Kimia Fisik

Indikator : Peserta ajar bisa memprediksi arah pergeseran kesetimbangan

Berikut ini merupakan reaksi kesetimbangan.

4 A(s) + 2 B(g) ⇋ 2 C(g) ∆H = - 60 kJ

Keadaan yang akan menyebabkan balans beralih ke arah kidal (membentuk reaktan bertambah banyak) adalah….

A. membongkar suhu

B. menaikkan suhu

C. menambah kontemplasi A

D. menambahkan volume

E. menaikkan tekanan

Jawaban : B

Pembahasan :

Faktor – faktor yang mengajak balans antara lain :

  • konsentrasi : andaikan kontemplasi spesi di salah satu ruas dinaikkan, maka balans akan beralih ke ruas sebaliknya. Jika kontemplasi spesi di salah satu ruang diturunkan, maka balans akan beralih ke arah ruas tersebut
  • volume : andaikan volume sistem dinaikkan, maka balans beralih ke ruas dengan koefisien yang besar (hanya koefisien gas dan aqueous yang dihitung) dan sebaliknya.
  • Tekanan : andaikan apitan sistem dinaikkan, maka balans akan beralih ke ruas dengan koefisien yang alit (hanya koefisien gas dan aqueous yang dihitung) dan sebaliknya).
  • Suhu : andaikan guru dinaikkan, maka reaksi akan beralih ke arah endoterm dan sebaliknya. (nilai ∆H yang kedapatan merupakan untuk reaksi ke kanan)
  • Katalis : zat yang cuma mempercepat tercapainya balans tanpa menggeser arah kesetimbangan

Maka pada reaksi 4 A(s) + 2 B(g) ⇋ 2 C(g) ∆H = - 60 kJ, menggeser balans ke arah kidal (ke ruas reaktan) bisa dilakukan dengan :

  1. meningkatkan kontemplasi produk (ruas kanan)
  2. meningkatkan guru reaksi. Karena reaksi ada ∆H = -, maka peningkatan guru akan menggeser balans ke arah kidal (endoterm)
  3. volume dan apitan tak mengajak reaksi tersebut, karena koefisien kidal = koefisien kanan.

separator un ilmu pasti sma

19. Topik : Kimia Organik

Indikator : Peserta ajar bisa menentukan nilai koefisien berdasarkan penyetaraan reaksi redoks menggunakan metode setengah reaksi asam setengah reaksi basa 

Perhatikan reaksi redoks di kaki (gunung) ini!

a MnO4 + b I- → c MnO2 + d I2

Nilai a, b, c, dan d berturut-turut dengan penyetaraan metode setengah reaksi basa adalah….

A. 1, 2, 2, dan 3

B. 2, 2, 4, dan 3

C. 2, 4, 2, dan 3

D. 2, 6, 2, dan 3

E. 1, 2, 8, dan 3

Jawaban : D

Pembahasan :

Aturan penyetaraan reaksi redoks merupakan sebagai bersama-sama :

  • menuliskan masing-masing reaksi yang mengalami pengurangan dan oksidasi

Reduksi : MnO4- → MnO2

Oksidasi : I- → I2

  • menyetarakan atom selain atom O dan H

Reduksi : MnO4- → MnO2

Oksidasi : 2I- → I2

  • pada hawa basa, atom O disetarakan dengan menambah ion OH- di ruas yang kekurangan O karena pada kondisi basa dan atom Hdisetarakan diruas kebalikannya dengan menambah H2O

Reduksi : MnO4- + 2H2O → MnO2 + 4OH-

Oksidasi : 2I- → I2

  • menyetarakan barang dengan menambah elektron

Reduksi : MnO4- + 2H2O + 3e- → MnO2 + 4OHx 2

Oksidasi : 2I- → I2 + 2e- x 3

Hasil nya adalah

2MnO4- + 4H2O + 6I- → 2MnO2 + 8OH- + 3I2

Sehingga nilai a, b, c, dan d merupakan 2, 6, 2, 3

separator un ilmu pasti sma

20. Topik : Kimia Anorganik

Indikator : Peserta ajar bisa mengenali fiil asam-basa berdasarkan Arhenius, Lewis, dan Bronsted-Lowry 

Dalam reaksi BF3 + NH3 → NH3BF3, BF3 bertindak sebagai….

A. basa Bronsted-Lowry

B. basa Lewis

C. asam Lewis

D. asam Bronsted-Lowry

E. asam Arrhenius

Jawaban : C

Pembahasan :

Menurut teori asam – basa Lewis :

  • asam : spesi yang bertindak sebagai penerima sandingan elektron berdikari (akseptor PEB)
  • basa : spesi yang bertindak sebagai pendonor sandingan elektron berdikari (donor PEB)

Reaksi antara NH3 dengan BF3 digambarkan sebagai bersama-sama :

 sc reaksi 20

Dari gambar di atas, hadir bahwa NH3 bertindak sebagai basa Lewis (donor PEB) dan BF3 bertindak sebagai asam Lewis (penerima PEB)

separator un ilmu pasti sma

Gimana nih Squad bimbingan bab dan dialog Kimia untuk eksamen nasional nanti? Masih kurang? Coba bebat di ruangbelajar deh. Selain video belajar dengan animasi yang keren, sedia jua kok bimbingan bab dan pembahasannya yang pastinya bikin belajar awak jadi makin mudah. Gabung sekarang yuk.

ruangbelajar

Begitulah informasi "Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Kimia SMA dan Pembahasannya" terimakasih sudah mau mampir.

Bab ini ke dalam kategori Pelajaran Kimia SMA, pelajaran kimia untuk sma kelas 10, mata pelajaran kimia sma, Ayat ini bersumber dari berbagai Ayat yang ada di GOOGLE searcing.



Semoga artikel Adamantane - Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Kimia SMA Dan Pembahasannya Pelajaran Kimia SMA bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Adamantane - Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Kimia SMA Dan Pembahasannya Pelajaran Kimia SMA ini, like dan bagikan ketemanmu.

Posting Komentar

Senyawa Kimia - All Right Reserved.Powered By Blogger
Template SEO Fendly by JimsonTemplate